FORBUMI Gelar Seleksi Duta Anak Kabupaten Sukabumi 2020

elmitra 95 FM Februari 6, 2020 0
FORBUMI Gelar  Seleksi Duta Anak Kabupaten Sukabumi 2020

Radio Elmitra – Forum Barudak Kabupaten Sukabumi (FORBUMI) menggelar kegiatan Seleksi Duta Anak Kabupaten Sukabumi 2020, turut hadir dan membuka acara Kepala Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak Suhendar, S.Pd., M.Si., Kepala Seksi Tumbuh Kembang Anak Ening Lasminingsih S.IP, M,Si., dan 74 peserta beserta guru pembimbing bertempat di Aula DP3A Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/01/2020).

Kegiatan Seleksi Duta Anak Kabupaten Sukabumi 2020 bertujuan untuk mendapatkan 4 anak yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan yang akan membawakan isu tentang anak di tingkat Provinsi Jawa Barat dengan menjadi Duta Anak Kabupaten Sukabumi dan satu orang akan maju ke tingkat nasional dengan menjadi Duta Anak Jawa Barat.

Penanggung Jawab Acara sekaligus Ketua Forbumi Fathurrahman Syukur menerangkan sasaran peserta kegiatan adalah seluruh anak di kabupaten Sukabumi yang berusia 13 sd 17 tahun (kategori usia anak) dan memiliki minat bakat serta kompetensi untuk mewakili kabupaten Sukabumi di tingkat Jawa Barat.

“untuk tahun ini antusias peserta lebih banyak, tahun sebelumnya hanya 18 orang dan di tahun 2020 meningkat mencapai 74 peserta dari berbagai wilayah tidak hanya cisaat, sukaraja, cibadak tapi juga dari tegalbuleud, palabuhanratu dan wilayah selatan lainnya”.

Untuk rencana forbumi kedepan, fathur menambahkan peserta seleksi duta anak akan diikutsertakan untuk mengikuti open rekrutmen anggota forbumi dan nantinya sebanyak 40 orang terpilih akan menjadi anggota pengurus Forbumi periode 2020 – 2022.

“peserta kali ini akan diundang kembali dengan tambahan peserta lain untuk mengikuti open rekrutmen forbumi. Forbumi juga akan menggelar capacity building untuk mempersiapkan anggotanya untuk mengarungi 2 tahun kedepan bergelut di forum anak”.

Sementara itu Kasie Tumbuh Kembang Anak Ening Lasminingsih menjelaskan di tahun 2019 Duta Anak kabupaten Sukabumi berhasil menjadi juara 1 tingkat Jawa Barat. DP3A menargetkan pembentukan Forum Anak di 381 tingkat desa dan 47 tingkat kecamatan.

“Dengan adanya Forum Anak tingkat kekerasan terhadap anak di lingkungan masing-masing dapat diminimalisir, sesuai tugas dan fugsi dari forum anak sebagai pelopor dan pelapor dengan meningkatkan kepedulian, lebih peka dan berani melapor”.

Ening Lasminingsih menegaskan Target DP3A di tahun 2020 untuk Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) mencapai katagori Madya bahkan Nindya, untuk itu salah satunya diperlukan penambahan pembentukan kecamatan dan desa layak anak.

“di tahun 2019 ada 3 kecamatan layak anak, DP3A akan bekerja keras untuk penambahan pembentukan kecamatan/desa layak anak. Perda sudah ada, data sudah semakin lengkap, intinya semua proses akan ditempuh sesuai dengan poin-poin yang menjadi ukuran dari kementrian maka kategori madya akan bisa diraih, bahkan nindya”.

Leave A Response »