E-KTP MILIK WARGA NEGARA ASING

elmitra 95 FM March 10, 2019 0
E-KTP MILIK WARGA NEGARA ASING

Berkaitan dengan pemberitaan yang kian ramai mengenai Warga Negara Asing yang memiliki E-KTP khususnya di Kota Sukabumi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra 95 Fm pada hari rabu (06/03/19).

Hadir Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)  Handi Karyadi, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Pendudukan Ade Rosmana, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dian Andriani.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi memaparkan bahwa warga negara asing boleh punya e-KTP. Ketentuan itu diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, yang direvisi lagi menjadi UU Nomor 24 Tahun 2013.

Artinya, sejak tahun 2006, warga negara asing memang boleh memiliki e-KTP. Nah, dalam ketentuan itu, hanya ada satu syarat penting yang harus dipenuhi untuk mendapatkan e-KTP: Izin tinggal tetap. Tak hanya itu, meski warga asing bisa punya e-KTP, mereka tak punya hak pilih. Hal ini perlu ditegaskan mengingat isu e-KTP asing muncul di masa kampanye Pemilu 2019.

Untuk memperkuat isi dari UU yang mengatur dan  mengizinkan WNA punya e-KTP, pada pasal 63 UU Adminduk adalah sebagai berikut :

Pasal 63

(1) Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el.

(2) KTP-el sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku secara nasional.

(3) Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib melaporkan perpanjangan masa berlaku atau mengganti KTP-el kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal masa berlaku Izin Tinggal Tetap berakhir.

(4) Penduduk yang telah memiliki KTP-el wajib membawanya pada saat bepergian.

(6) Penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya memiliki 1 (satu) KTP-el.

Leave A Response »