DPMD gelar Pembinaan 70 Kepala Desa Terpilih, Hasil Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi tahun 2022

elmitra 95 FM Mei 19, 2022 0
DPMD gelar Pembinaan 70 Kepala Desa Terpilih, Hasil Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi tahun 2022

Radio Elmitra News – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Pembinaan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Siklus II Gelombang I Masa Bhakti 2022-2028 Lingkup Kabupaten Sukabumi, bertempat di Hotel Sukabumi Indah, Rabu (18 Mei 2022).

Dalam laporangnya, Kepala DPMD kabupaten Sukabumi Gun Gun Gunardi menyampaikan bahwa pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi kades terpilih tentang pemerintahan, wawasan kebangsaan, pengetahuan tata kelola pemerintahan desa, termasuk pemahaman tentang narkoba.

“kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 s/d 20 Mei 2022 di Hotel Sukabumi Indah dan diikuti 70 orang Kepala Desa terpilih,” ungkapnya.

Gun Gun Gunardi menyebut,  dari 70 desa penyelenggara Pilkades, 29 Kades merupakan incumben sementara 41 lainnya merupakan Kades baru dengan 2 diantaranya merupakan wanita.

“walaupun dari 41 orang itu ada yang pernah menjabat kades sebelummnya,” imbuhnya.

Gun Gun menegaskan pembinaan ini sebagai bekal awal bagi peserta untuk mengemban amanah sebagai Kepala Desa.

“dan paling penting mereka itu (para kepala desa) ditunggu, buah karya kemanfaatan bagi masyarakat, intinya desa harus maju, sejahtera dan tentunya masyarakat ingin pelayanannya lebih baik,” tandasnya.

Sementara dalam Arahannya Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan Pemkab Sukabumi mengapresiasi terselenggaranya Pilkades serentak dengan aman dan kondusif dengan tingkat partisipasi masyarakat yang hampir 90 %.

Kepada 70 Kades terpilih yang mengikuti Pembekalan tersebut Wabup menjelaskan bahwa Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) merupakan proses demokrasi dan suksesi/pergantian kepemimpinan pemerintahan di tingkat desa berdasarkan ketentuan Perundang-undangan dengan masa jabatan selama 6 tahun dan ketika berakhir masa jabatannya harus ada pergantian kepemimpinan.

“Pilkades juga harus dijadikan momentum pembelajaran Politik bagi masyarakat. Calon kepala desa terpilih hendaknya melakukan penyesuaian dan berupaya meningkatkan kualitas layanan masyarakat” ujarnya.

Kades terpilih harus siap melakukan perubahan, Lanjut Wabup, dan percepatan pemulihan pasca pandemi covid 19, baik dari segi ekonomi maupun pembangunan disetiap sektornya.

“sehingga mampu berkonstribusi dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang Religius, maju dan Inovatif menuju masyarakat yang Sejahtera lahir dan bathin,” ucapnya.

Wabup berharap melalui pelatihan dan pembekalan semua kades terpilih bisa merangkul suluruh komponen masyarakat untuk membangun desa bersama sama demi kesejahteraan masyarakat.

“segera lakukan pembinaan dan konsolidasi secara internal untuk percepatan pembangunan di desa,” tegasnya.

Editor : D1aJA

Leave A Response »