DPHA, AGENT PENCEGAHAN PENULARAN HIV-AIDS DI KABUPATEN SUKABUMI

elmitra 95 FM Februari 21, 2021 0
DPHA, AGENT PENCEGAHAN PENULARAN HIV-AIDS DI KABUPATEN SUKABUMI

Radio Elmitra News – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melalui Duta Pencegahan HIV/AIDS Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Grand final Pemilihan Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten Sukabumi Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bertempat di Aula BKPSDM Jl. Kadupugur Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/02/2021)

Kegiatan Pemilihan Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten Sukabumi 2021 ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus HIV & AIDS yang telah dilaporkan di kabupaten/kota di Indonesia, dan akan terus bertambah jika tidak ada upaya maksimal dari pemerintah pusat maupun daerah dalam penanggulangannya.

Ketua Duta Pencegahan HIV/AIDS Kabupaten Sukabumi Annisa Nursafitri menyampaikan Pemilihan Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten Sukabumi 2021 bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada generasi muda di Kabupaten Sukabumi tentang HIV-AIDS serta memberi kesempatan kepada para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Kabupaten Sukabumi untuk terlibat dalam rangka menyuarakan pencegahan penularan HIV-AIDS di Kabupaten Sukabumi.

Lebih Lanjut Annisa Nursafitri mengatakan Peserta kegiatan pemilihan Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten Sukabumi adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Kabupaten Sukabumi dengan rentang usia 16 tahun s/d 22 tahun (SMA/Kuliah/Umum). Mengikuti beberapa tahapan seleksi serta interview yang kemudian didapatkan 20 Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten Sukabumi

“seluruh peserta ada sekitar 68 pendaftar dan diseleksi menjadi 20 finalis, semuanya  sudah melalui proses protokol kesehatan dan mendapatkan ijin dari pihak-pihak terkait. Diharapkan dengan adanya Duta Pencegahan HIV/AIDS yang baru bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar  jadi  lebih memahami tentang HIV-AIDS” ungkapnya.

Sementara itu Pengelola Program KPA Kabupaten Sukabumi Dian Hendayana Saputra menjelaskan  upaya-upaya pemerintah dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penularan HIV-AIDS, diperlukan agent yang bisa menyuarakan tentang bahaya dari penyakit AIDS. Anak – anak muda dapat menjadi sarana yang paling ampuh dalam hal ini.

“Karena dari mereka lah harapan kita bisa menyebarkan info ke berbagai kalangan. Oleh karena itu dirasa perlu adanya duta yang resmi agar hal ini dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapakan” ucapnya.

Dian Hendayana Saputra menambahkan Pemilihan Duta Pencegahan HIV-AIDS Kabupaten sukabumi  ini merupakan generasi ke empat dengan 20 besar yang akan dipilih juara 1 sd 5.

“üntuk yang tidak terpilih tetap akan diakomodir sebagai Duta Pencegahan HIV/AIDS Kabupaten Sukabumi secara organisasi menjadi anggota, yang akan menjalankan kepengurusan DPHA selanjutnya di tahun 2021 ini” terangya.

Sedangkan Pembina Yayasan Trradika yang juga merupakan PLKB pada DPPKB kabupaten Sukabumi dr. Oong Riyanto Wijaya beharap kepada Duta Pencegahan HIV/AIDS untuk dapat menyuarakan upaya mencegah terjadinya pernikahan usia dini,

“dimana pernikahan usia dini rawan sekali untuk melakukan hubungan seksual, hamil dan melahirkan, karena belum siap secara matang alat-alat reproduksinya, ini pesan untuk para duta pada saat nanti mereka ada di komunitasnya” terangnya

“sesuai tagline program 21 – 25 keren, artinya 21 tahun usia remaja putri dan 25 tahun usia remaja putra merupakan usia ideal untuk pernikahan, saya berharap generasi kita merupakan  generasi yang siap untuk menyongsong masa depan yang  lebih baik, lebih sehat salah satunya dalam hal bonus demografi” tandasnya.

Reporter : Her

Leave A Response »