DP3A DAN P2TP2A TERUS EDUKASI MASYARAKAT TENTANG KASUS KEKERASAN

elmitra 95 FM Februari 23, 2021 0
DP3A DAN P2TP2A TERUS EDUKASI MASYARAKAT TENTANG KASUS KEKERASAN

Radio Elmitra News – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Pusat Perlindungan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi menggelar Workshop penanganan kasus kekerasan, yang bertempat di Aula Balai Warga Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Selasa (23/02/2021).

Workshop  dihadiri dari unsur Forkopimcam, Aparatur Pemerintahan Desa se-Kecamatan Sukaraja,dan juga masyarakat di wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja kami sejak tahun 2018-2019, dan pada workshop kali  ini kita ingin lebih banyak mengedukasi masyarakat khususnya tentang kekerasan,baik secara verbal maupun tindakan kepada perempuan dan  anak,”ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi sering tidak disadari dilakukan oleh orang-orang terdekat kita. Untuk itu workshop ini sangat penting karena selain sebagai  edukasi, juga sebagai informasi bagaimana cara menangani dan mengantisipasinya.

Sementara itu kekerasan yang kerap terjadi dan dialami di masyarakat berdasarkan aduan dan pendampingan P2TP2A dan juga DP3A yakni  kekerasan seksual, yang tertinggi, dan juga kekerasan verbal lain seperti bullying.

“Intinya kepada masyarakat, mari kita hindari tindakan-tindakan kekerasan, menyakiti anak seperti mencubit dan menegur dengan keras,”harapnya.

Sementara itu P2TP2A adanya keluhan dari orang tua siswa tentang  belajar daring di rumah yang  berujung kekerasan terhadap anak akibat ketidaksiapan orang tua, pihaknya menyampaikan bahwa saat ini belajar tatap muka masih belum bisa dilakukan.

“Kita tidak ingin memperbesar masalah, kepada orang tua khususnya yang memiliki anak sekolah terutama usia sekolah dasar, agar bisa lebih inten mengawasi  anak–anaknya dalam belajar daring dan jika menemukan kesulitan, diharapakan bisa bekerja sama serta  mengkomunikasikan dengan baik kepada sekolah,”pungkasnya.

Camat Kecamatan Sukaraja Budianto mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dan setuju dengan adanya kegiatan workshop penanganan kasus kekerasan oleh DP3A  dan P2TP2A kepada masyarakat, karena ini sangat penting  sebagai edukasi sehingga masyarakat bisa mengantisipasi jika mengalami atau menemui hal-hal tersebut,”katanya.

Reporter : Her

Leave A Response »