DINKES Kota SUkabumi “Sigap Musnahkan Obat Terlarang”.

elmitra 95 FM September 29, 2017 0
DINKES Kota SUkabumi “Sigap Musnahkan Obat Terlarang”.

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi mengadakan Talkshow dengan mengambil tema “Pengendalian Predaran Obat-obatan di kota Sukabumi“ dengan narasumber Ibu Galih – Kepala Bidang sumber daya kesehatan & Bpk.Prima sebagai Staff Apoteker Dinas kesehatan Kota Sukabumi Saat berbincang-bincang dalam talkshow ibu galih membeberkan mengenai peredaran Obat-obatan terlarang yang sekarang lagi menjadi buah bibir di masyarakat yaitu PCC Yang dimana Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Jawa Barat menyisir sejumlah toko obat dan apotek untuk mengecek keberadaan pil Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC), Sabtu (16/9/2017).

Upaya ini dilakukan untuk mencegah beredarnya obat PCC yang telah menelan korban jiwa di daerah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Meski sudah menyisir satu persatu toko obat dan apotek, petugas tak mendapati obat PCC tersebut. Namun mereka menemukan resep obat daftar G yang dikeluarkan salah satu rumah sakit di Bandung.

Jenis obat itu yakni Alprazolam dan Alganax. Merk obat itu tidak boleh bebas diperjual belikan. Resep tersebut dipesan seseorang di salah satu apotik di Kawasan Gang Peda, Jalan A Yani.

Dan menurut Ibu galih – Kepala Bidang sumber daya kesehatan menjelaskan pil PCC yang mengandung carisoprodol sudah dilarang beredar sejak 2013 lalu. Disebutkan, kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman ke masyarakat obat PCC itu tidak boleh lagi beredar. “Sekaligus memberikan imbauan bagaimana pelayanan obat di apotek atau toko-toko obat”.

 

Leave A Response »