DINKES Kota Sukabumi Lindungi Anak Usia 1-12 Tahun dari cacingan

elmitra 95 FM October 9, 2017 0
DINKES Kota Sukabumi Lindungi Anak Usia 1-12 Tahun dari cacingan

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menggelar acara Pencanangan POPM (Pemberian Obat Pencegahaan Masal) Kecacingan, yang bertemakan “Semua Anak Harus Mendapat Obat”.  Senin, 09 Oktober 2017 bertempat di Toserba Yogya Sukabumi.

1

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr.Hj. Ritanenny, Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr.Lulis Deliawati beserta jajaran Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Manager Store Toserba Yogya Alexander Ardi dan tamu undangan lainnya.

Maksud diadakannya acara ini sebagai salah satu upaya memenuhi dan merealisasikan program nasional,  sesuai dengan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) RI Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan. Pemberian Obat Pencegahan Masal berupa Obat Anti Cacing ini diberikan kepada seluruh anak usia 1 sampai dengan 12 tahun di Kota Sukabumi  secara serentak setingkat  PAUD, TK, RA, MD, SD, MI, SMP dan MTs, serta kepada seluruh anak yang belum sekolah, di setiap Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

6

Wakil Walikota Sukabumi Achmad Fahmi berharap “Anak –anak di Kota Sukabumi yang berusia 1-12 Tahun secara merata mendapatkan obat cacing secara gratis dari pemerintah, sehingga target di Kota Sukabumi tahun 2017 dapat terbebas dari penyakit cacingan dan tentunya perilaku PHBS yang mesti ditingkatkan lagi di masyarakat”.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dr.Hj. Ritanenny mengatakan “ di Indonesia masih cukup tinggi angka penderita cacingan, sehingga program POPM ini menjadi dasar  dijadikan program Nasional”.

Selain itu dr.Hj.Ritanenny menambahkan “tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun akan terkena cacingan, tetapi dalam program saat ini yang di pasilitasi oleh pemerintah hanya anak usia 1-12 tahun saja dan dalam program ini pemberian obat akan diberikan 1 tahun satu kali, tetapi idealnya terutama untuk dewasa harus meminum obat per 6 bulan satu kali”.

Keterkaitan Toserba Yogya dalam acara POPM, Manager Store Toserba Yogya Alexander Ardi mengatakan “Toserba Yogya mendukung rencana kerja dari DINKES kota Sukabumi terutama dalam acara penanggulangan kecacingan, dan Yogya akan selalu bersinergi dengan pihak pemerintahan. Selain itu Alexander ardi menambahkan “Toserba Yogya memiliki visi misi yang baru yaitu akan lebih ada untuk masyarakat Sukabumi, tidak hanya disisi ekonomi saja tetapi dari sisi sosialnya pun akan terlihat”

Leave A Response »