DENGAN JKN-KIS, ADA KEPASTIAN JAMINAN KESEHATAN BAGI TENAGA HONORER

elmitra 95 FM July 31, 2019 0

Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah masuk tahun ke-6 sejak tahun 2014 lalu. Semua lapisan masyarakat memanfaatkan JKN-KIS untuk kebutuhan pelayanan kesehatannya. Kekhawatiran akan biaya pelayanan kesehatan yang sebelumnya ada sekarang dapat ditepis dengan mudah.  Mudah, karena masyarakat dapat menjadi peserta JKN-KIS dengan iuran yang terjangkau dan memperoleh benefit besar darinya.

Bagi Ali Akbar (44), Kepala Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Program JKN-KIS adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebagai salah satu tokoh masyarakat Ali selalu berusaha untuk meningkatkan pemahaman tentang JKN-KIS kepada para stafnya di kantor serta masyarakat di wilayahnya bekerja.

Ali menyebutkan “Saya sangat menyambut baik program JKN-KIS karena mempermudah masyarakat, yang dulu ragu untuk berobat karena tidak mempunyai biaya sekarang lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan,”

Ali menambahkan “Menjadi peserta JKN-KIS jangan ditunda. Di saat sehat kita mendaftar, tidak hanya mempersiapkan jaminan saat nanti kita perlukan, kita juga membantu peserta lain yang membutuhkan melalui premi yang kita bayarkan,”

Menjadi sosok pemimpin di Kecamatan Cibeber, Ali menunaikan tanggung jawabnya untuk mendaftarkan stafnya yang termasuk tenaga honorer untuk menjadi peserta JKN-KIS.

“Kinerja honorer tidak ada bedanya dengan staf lain, jaminan kesehatan pun menjadi hak mereka untuk kami upayakan,”

Ali berharap dengan terjaminnya para staf termasuk tenaga honorer dapat menjadi pendorong mereka untuk bekerja lebih semangat, karena apabila mereka sehat maka kinerjanya pun akan lebih baik lagi.

Upaya Ali tersebut membuahkan piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Cianjur sebagai kecamatan pertama di wilayah Kabupaten Cianjur yang mendaftarkan tenaga honorernya menjadi peserta JKN-KIS.

Leave A Response »