DENGAN DEKLARASIKAN KAMPUNG STBM, WARGA SIAP TERAPKAN 5 PILAR

elmitra 95 FM November 25, 2019 0
DENGAN DEKLARASIKAN KAMPUNG STBM, WARGA SIAP TERAPKAN 5 PILAR

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi garda terdepan dalam mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan yang terjadi di beberapa wilayah di KabupatenSukabumi, Hal tersebut mendorong HAKLI Kabupaten Sukabumi menggelar acara Deklarasi Kampung Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kampung Pangkalan Desa Bojonggaling Kecamatan Bantar gadung, Minggu (24/11/2019).

Kegiatan Deklarasi Kampung STBM dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami beserta Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika didampingi unsure perangkat daerah, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Perwakilan Kemenkes RI, Perwakilan HAKLI Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya H.Marwan Hamami menyampaikan bahwa deklarasi bukan hanya seremonial saja akan tetapi harus dijadikan acuan kedepan untuk terus menjaga lingkungan.hidup sehat itu bukan untuk orang lain tetapi untuk diri kita sendiri, keluarga, dan anak-anak, betapa pentingnya menjaga kebersihan linngkungan dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah dan sayuran agar kesehatan tetap terjaga, habis ini sampah tidak berserakan lagi dan air tidak tercemar lagi, deklarasi ini harus dijadikan pegangan dimasyarakat untuk terusmen jaga kebersihan di lingkungaan”

Bupatipun menghimbau kepada masyarakat agar lebih aktif untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan terutama kepada anak-anak.

Sementara itu Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman menyatakan bahwa pemberdayaan masyarakat
merupakan Kunci keberhasilan program kesehatan lingkungan dan dalam Kegiatan tersebut dilaksanakan Pembacaan Deklarasi Kampung STBM dan Deklarasi GOCEK (Gerakan Offensif Cegah Keracunan Makanan) serta penyampaian sikap warga untuk menerapkan Kampung STBM.

5 pilar STBM meliputi tidak buang air besar di sembarang tempat, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan air minum sebelum di konsumsi, pengamanan sampah yang berada dilingkungan sekitar dan pengamanan limbah dari rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan

Sedangkan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Ze Eza Yulia Pearlovie menerangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan untuk menurunkan angka kejadian penyakit diare dan penyakit menular berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

sekarang ini pemerintah tidak akan memberikan bantuan yang akan menjadi monument seperti pembangunan wc umum dll, akhirnya sekarang pemberdayaan masyarakat diutamakan baru pemerintah akan memberikan reward untuk selanjutnya

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan penghargaan bagi para penggiat KebersihanLingkungan dan sekaligus menyerahkan hadiah lomba kebersihan lingkungan serta lomba kerajinan tangan dari daur ulang sampah dilingkungan masyarakat desa bojong galing

Leave A Response »