COMMUNITY CARE HAKLI DI LOKASI LONGSOR CISOLOK SUKABUMI

elmitra 95 FM January 7, 2019 0
COMMUNITY CARE HAKLI DI LOKASI LONGSOR CISOLOK SUKABUMI

Bencana Longsor yang terjadi di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi (Senin, 31/12/2018) mengakibatkan puluhan rumah tertimbun tanah dan warga sekitar banyak yang menjadi korban. Pemerintah daerah Sukabumi melalui BPBD Kabupaten Sukabumi telah mengevakuasi para korban bencana tersebut, berbagai lembaga dan komunitas terjun langsung meninjau lokasi terjadinya bencana longsor untuk memberikan bantuan, baik secara moril maupun materiil.  salah satunya, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) melaksanakan Bhakti Sosial ditempat kejadian bencana tersebut.

2

Kegiatan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi Community Care melakukan Bhakti Sosial pada bencana nasional longsor Cimapag desa Sirnaresmi Cisolok Kabupaten Sukabumi berupa : Pembuatan sarana sanitasi dasar yaitu Mandi Cuci Kakus (MCK) sebanyak 2 Pintu di lokasi Posko Bencana (SD Cimapag), Membuat media penyuluhan kaitan dengan kesehatan di lokasi bencana dan Sterilisasi ruangan sekolah yang telah digunakan oleh tim DVI Polda Jabar dan digunakan Posko Bencana.

ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman, SKM. MKM., mengatakan “Sehubungan telah berakhirnya masa tanggap bencana di cisolok, maka ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti secepatnya di lokasi bencana, yaitu sterilisasi lingkungan di lokasi bencana, dan penanganan limbah medis (B3) yang dihasilkan dari penanganan korban bencana maupun dari pemeriksaan kesehatan”.

3

Selain Itu Ujang Soleh Suryaman menjelaskan “untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit berbasis lingkungan dampak dari bencana perlu penanganan secepatnya, maka HAKLI melakukan penangan sterilisasi lingkungan dengan cara penyemprotan, dan penanganan limbah medis (B3) tsb. Hal ini karena HAKLI telah menggalang dana dari para anggota HAKLI dan simpatisan HAKLI untuk kegiatan-kegiatan pasca bencana sesuai kapasitas HAKLI, selain itu HAKLI juga menggalang kerjasama dengan PT. Rismawan Pratama Bersinar (RPB) akan menambah 1 titik lokasi pembangunan MCK di lokasi bencana longsir tsb.

Lebih lanjut, Ujang Soleh Suryaman menyampaikan “masyarakat diberikan contoh sarana sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan, dan bisa dimanfaatkan selama bencana ini tengah diatasi, dan nanti siswa akan menerima manfaat jangka panjang dengan adanya MCK tersebut, sehingga akan terbiasa menggunakan sarana sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan”.

Leave A Response »