CEGAH DBD DENGAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

elmitra 95 FM July 11, 2018 0
CEGAH DBD DENGAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Dalam rangka mengingatkan masyarakat tentang bahaya Demam Berdarah, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi melakukan Talkshow di radio Elmitra 95 fm Sukabumi yang di kawal langsung oleh Icha Raos Andara dan Ucup Raos Bro . Rabu 11 Juli 2018.

WhatsApp Image 2018-07-11 at 09.09.49

Adapun pertemuan Minggu ini membahas mengenai DBD,  dalam kesempatan tersebut hadir sebagai Narasumber Cecep dan Ayi sebagai pemegang Program DBD di Dinkes Kota Sukabumi.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti Yang dimana  Ada empat serotipe virus dengue (DENV) yaitu DENV-1, -2, -3, dan -4, dan infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam.

Ayi menjelaskan “virus dengue menyebar oleh infeksi gigitan nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk tersebut mendapatkan virus dengan menggigit orang yang telah terinfeksi. adapun Gejala perdarahan akan berlangsung setelah terjadi demam selama 3-7 hari.”

Cecep mengatakan “ada fase-fase Demam Berdarah yaitu  Fase demam (Febrile phase), Pada fase ini ditandai dengan demam tinggi selama 5-7 hari juga ditandai dengan adanya demam tinggi, nyeri di belakang mata, pusing, mual, dan muntah, serta Fase kritis atau fase kebocoran plasma (plasma critical phase / plasma leak phase). Pada fase ini suhu tubuh mulai turun dan tidak lagi mengalami demam tinggi, Namun ini merupakan fase yang paling berbahaya dan yang terakhir Fase penyembuhan Setelah melewati fase kritis, pasien akan memasuki fase penyembuhan, fase penyembuhan akan terjadi sekitar 48-72 jam setelah fase kritis “

Ayi dan Cecep juga memberikan himbauan kepada Masyarakat kota Sukabumi untuk mencegah dari DBD yaitu dengan “Bersihkan bak mandi seminggu sekali, Perhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air, Gunakan kasa nyamuk, Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu”.

 

Leave A Response »