BPJS KESEHATAN GELONTORKAN 11 TRILIUN UNTUK BAYAR RUMAH SAKIT

elmitra 95 FM April 24, 2019 0
BPJS KESEHATAN GELONTORKAN 11 TRILIUN UNTUK BAYAR RUMAH SAKIT

BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakukan pembayaran sebesar Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Berkaitan dengan hal tersebut, BPJS Cabang Sukabumi menggelar konferensi Pers bersama seluruh media Sukabumi dengan tema “Penyelesaian Atas Tagihan Klaim Rumah Sakit” bertempat di Gedung BPJS Sukabumi, Selasa (16/04/19).

Hadir Kepala BPJS Cabang Sukabumi C Falah Rakhmatiana didampingi Kabid Kepesertaan dan pelayanan peserta Ahmad Sanusi, Kabid Penjaminan Manfaat Primer Ayu Larasati, Kabid Penagihan dan Keuangan Sandhy Yudha, Kabid SDM dan Komunikasi Publik Neng Krisnawati dan Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan Nandang Kushendrayana.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi C. Falah Rakhmatiana mengatakan “tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo, akan dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out. Rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, tentu transaksi pembayaran klaimnya akan diproses terlebih dulu. Upaya menuntaskan pembayaran fasilitas kesehatan ini dapat terwujud karena ada dukungan penuh dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan,”

C. Falah Rakhmatiana menambahkan “Kami selalu berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi, sebagaimana yang diatur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah. Dengan demikian diharapkan masyarakat semakin yakin bahwa program ini akan terus berlangsung, rumah sakit menjadi lebih tenang dan tenaga kesehatan merasa nyaman. Sebagai informasi, khusus di wilayah kerja Kantor Cabang Sukabumi terdapat 233 FKTP dan 18 FKRTL yang telah dibayarkan dana kapitasi dan tagihan klaimnya oleh BPJS Kesehatan setempat. Adapun total pembayaran yang dilakukan KC Sukabumi adalah sebesar Rp 150.1 Miliar dengan rincian, Rumah Sakit di Kota Sukabumi 50.149 Miliar, di Kabupaten Sukabumi 51.036 Miliar dan Kabupaten Cianjur 48.978 Miliar sepanjang bulan April 2019”

Leave A Response »