BPJS Kesehatan Beri Pemahaman JKN-KIS Kepada Pelaku UMKM di Sukabumi

elmitra 95 FM Februari 19, 2021 0
BPJS Kesehatan Beri Pemahaman JKN-KIS Kepada Pelaku UMKM di Sukabumi

Radio Elmitra Sukabumi, Jamkesnews – Sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM tentang perlindungan atau sistem jaminan sosial nasional yaitu jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan terutama untuk seluruh karyawan yang ada di bawah naungan usahanya, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi kepada Kelompok Kajian Perempuan Analisa dan Strategis (KPPS) dan Barikade 98 Kabupaten Sukabumi, Selasa (16/02).

Ketua KPPS dan Barikade 98 Kabupaten Sukabumi Siti Ratna Maymunah mengatakan bahwa sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Sukabumi yang melaksanakan pendampingan dan pembinaan pada sejumlah UMKM di wilayah Kabupaten Sukabumi, pemahaman akan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan sudah seharusnya diketahui oleh para pelaku UMKM.

“Untuk kemajuan usaha yang sedang kita geluti, kita harus terus meng-upgrade dan tidak tertinggal informasi setiap perkembangan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten,” ujar Siti.

Keberadaan UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat dinilai penting karena dengan meningkatkannya kedudukan, peran, dan potensi UMKM telah membantu mewujudkan pertumbuhan   ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaan lapangan kerja, serta pengentasan kemiskinan.

“Dengan pemaparan yang diterima diharapkan para peserta sosialisasi dapat lebih paham dan menerapkannya untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawannya, yang tentunya dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja serta membantu peningkatan usaha yang di jalankan oleh para pelaku UMKM,” tambah Siti.

Selain itu, Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan Dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Aghif Qanityadirfy Azhary menyampaikan bahwa melalui sosialisasi ini BPJS Kesehatan berupaya untuk merekrut peserta dari dua segmen, yakni segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) bagi pelaku usaha yang tidak memiliki pekerja atau berwirausaha mandiri, dan Peserta Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) bagi pelaku usaha yang mempekerjakan pekerja.

Bukan hanya itu, Aghif juga mengatakan pihkanya juga akan mengadvokasi pengalihan peserta JKN-KIS terdaftar sebagai Penerima bantuan Iuran (PBI) yang telah bekerja menjadi tanggungan pengusaha atau badan usaha.

“Kami sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, Bidang UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Sukabumi, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sukabumi dan KPPS selaku LSM yang membina UMKM, atas sinergi dan dukungannya sehingga sosialisasi ini dapat terlaksana, dan telah dijadwalkan untuk beberapa bulan ke depan sosialisasi kepada seluruh pelaku usaha UMKM,” Ungkap Aghif.

Di samping itu, Kepala Bidang UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Sukabumi Nandang Sunandar yang turut hadir menyatakan dukungan akan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, karena sangat terbantu dengan peran pendampingan LSM kepada para pelaku usaha UMKM.

Sumber : JamkesNews

Leave A Response »