BNNK Sukabumi “13 Orang Geng Motor dinyatakan Positif Menggunakan Narkoba”.

elmitra 95 FM March 13, 2018 0
BNNK Sukabumi “13 Orang Geng Motor dinyatakan Positif Menggunakan Narkoba”.

Sebanyak 13 Orang Geng Motor di Sukabumi  dinyatakan positif menggunakan Narkoba setelah di tes oleh BNNK Sukabumi,  bertempat di Kantor BNNK Sukabumi pada 12 Maret 2018.

4

Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial mengatakan “Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba. beberapa gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan antara lain keinginan untuk mengonsumsi narkoba setiap hari atau beberapa kali dalam sehari, dosis yang dibutuhkan semakin lama semakin besar, keinginan menggunakan narkoba tak bisa ditahan. Pengguna juga memastikan suplai narkoba terus tersedia dan bersedia menghabiskan uang hanya untuk membeli narkoba, bahkan rela mencuri”.

3

Selain itu, AKBP Deni Yus Danial mengatakan “Dari sisi sosial, pecandu narkoba tampak menarik diri dari keluarga maupun lingkungan yang lebih luas dan lalai dalam memenuhi kewajiban seperti bekerja atau aktivitas rutin lainnya. Sering melakukan hal-hal yang berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain (seperti mengendarai kendaraan bermotor) saat di bawah pengaruh narkoba. bagi pengguna remaja, tampak penurunan prestasi ataupun menjadi sering tidak masuk sekolah dan tidak tertarik aktivitas lain di sekolah. Tampak kehilangan energi dan motivasi, bahkan berpakaian tidak pantas. Penguna remaja juga tampak semakin sering mengurung diri dan terjadi perubahan drastis dalam bersosialisasi dengan teman dan keluarga”.

AKBP Deni Yus danial menambahkan “pentingnya Intervensi Kunci rehabilitasi narkoba yakni melakukannya secepat mungkin maka dari itu diperlukan dokter spesialis ketergantungan narkoba dengan bantuan psikiater ataupun konselor khusus di bidang ini, dari 13 orang tersebut, 6 orang akan terapi rehabilitasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi sedangkan 7 orang lainnya ke Lensa Sukabumi”.

Leave A Response »