Bawaslu panggil Putra Putri Terbaik Kabupaten Sukabumi untuk jadi Bagian dalam Pengawasan pada Pemilu Serentak Tahun 2024

elmitra 95 FM September 21, 2022 0
Bawaslu panggil Putra Putri Terbaik Kabupaten Sukabumi untuk jadi Bagian dalam Pengawasan pada Pemilu Serentak Tahun 2024

Radio Elmitra Talkshow – Sesuai Jadwal Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan dalam Pemilu Serentak Tahun 2024, mulai hari ini Rabu (21 September 2022) sampai dengan hari Selasa (27 September 2022), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan selama 7 hari.

Guna mensosialisasi tahapan rekrutment Calon Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sukabumi pada Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Sukabumi melaksanakan Talkshow di Radio Elmitra 95 FM, dengan narasumber Nuryamah Anggota Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Rabu (21 September 2022).

Dalam Talkshow tersebut, Nuryamah selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi menyampaikan terkait dengan Penyelenggaraan Pemilu, karena Penyelenggara Pemilu dalam pelaksanaan Pemilu Serentak di Tahun 2024 ada 3 yaitu, DKPP, KPU dan Bawaslu.

“kita juga perlu menyampaikan kepada masyarakat utamanya partisipasi masyarakat dalam mengawasi tahapan, berbicara tahapan ada 11 tahapan dan saat ini Bawaslu sedang mengawasi tahapan pendaftaran peserta pemilu  dalam hal ini adalah Partai Politik yang nanti akan menjadi Kontestan di Kontestasi Pemilu Serentak di Tahun 2024 yang penetapannya di bulan Desember 2022,” ucapnya.

Selanjutnya di samping sedang mengawasi Tahapan Pendaftaran juga, Bawaslu Kabupaten Sukabumi melakukan rekrutmen Panwaslu Kecamatan atau Panwas Adhoc di 47 kecamatan se-kabupaten Sukabumi.

“dan hari ini juga menyampaikan kepada rekan elmitra dan sahabat bawaslu mengenai Timeline/Jadwal Pendaftaran sampai dengan Pelantikan, juga kami sampaikan terkait dengan persyaratan menjadi Panwaslu Kecamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nuryamah menjelaskan Tahapan yang akan dilalui yang berhubungan dengan test, karena tesnya ini berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya.

“yaitu yang pertama harus lulus administrasi, yang kedua masuk kepada tes tertulis dan hanya masuk 6 besar yang akan bisa mengikuti tes wawancara baru nanti yang ditetapkan adalah 3 orang,” imbuhnya.

“dan juga kami harus menginformasikan terkait tanggal pendaftaran dilakukan pada tanggal 21 sd 27 september 2022, tapi manakala pendaftar kurang dari 2x kebutuhan maka kami akan memperpanjang di tanggal 2 sd 8 oktober 2022, tidak hanya kurang dari kebutuhan disini juga terkait dengan 30% keterwakilan perempuan,” ungkapnya.

“jadi selain 2x kebutuhan harus juga ada keterwakilan 30% untuk perempuan,” tegasnya.

Pada kesempatan Talkshow tersebut juga Nuryamah mengajak kepada Rekan Elmitra dan Sahabat Bawaslu yang ingin bergabung menjadi Panwaslu Kecamatan atau keluarga besar Bawaslu Kabupaten Sukabumi untuk segera daftar dan persiapkan persyaratannya.

“karena semakin banyak yang mendaftar maka semakin banyak pilihan yang akan kami bisa pilih dari berbagai Kecamatan menjadi Putra – Putri terbaik yang akan gabung di keluarga besar Bawaslu Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Adapun untuk Formulir Pendaftaran dan Kelengkapan berkas dapat diperoleh di Website dan Media Sosial atau datang langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Jl. Raya Karangtengah Km 13 Cibadak Sukabumi, dengan kontak Person Muidul Fitri Atoilah (wa  0857 2186 6347).

“pendaftaran ada 3 cara bisa dilakukan, langsung datang ke Bawaslu Kabupaten Sukabumi, atau bisa lewat email , atau juga bisa dikirim lewat pos, dan yang akan kami terima adalah yang datang berkasnya itu per tanggal pendaftaran yaitu di tanggal 21 sd 27 September 2022,” tandasnya.

“harapannya tentunya makin banyak partisipasi masyarakat baik di pengawasannya sebagai pengawas partisipatif juga kalau berhubungan dengan pendaftar, semakin banyak pendaftar yang ikut menjadi pengawas pemilu di tingkat kecamatan,” pungkasnya.      

Editor : D1aJA

Leave A Response »