BAWASLU HIMBAU ASN NETRAL DI PEMILU

elmitra 95 FM November 19, 2018 0
BAWASLU HIMBAU ASN NETRAL DI PEMILU

Dalam menghadapi pemilu 2019 Bawaslu kota Sukabumi bekerja sama dengan Bawaslu Provinsi Jawa Barat melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi aparatur sipil negara se-kota sukabumi  pada pemilihan umum tahun 2019 di kota sukabumi.

1

Acara yang dilaksanakan pada senin 19 November 2018 di ruang pertemuan hotel maxone sukabumi dengan mengundang perangkat asn  dari kelurahan, kecamatan dan lainnya. Aparatur sipil negara (asn) memiliki posisi yang strategis, dimna posisi asn sebagai pelayan publik dalam memegang penguasaan pemerintahan. dengan dilakukannya sosialisasi ini, di harap terjalin sinergi penting antara bawaslu dengan asn  dengan hadirnya pemilu berkualitas dan berintegritas.

2

Seperti yang dikatan ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah mengataka “belajar dari beberapa proses pilkada sebelumnya bawaslu menemukan beberapa kasus ketidak netralan asn dalam momentum pilkada, maka dari itu penting bagi kami untuk melakukan sosialisasi kepada asn untuk mengambil posisi  netral dalam pemilu, tidak membuat kebijakan atau keputusan yang dapat menguntungkan salah satu peserta pemilu serta tidak mengambil bagian sebagai tim pemenangan dalam proses pemilu”.

Selain itu, Abdullah menambahkan “ada beberapa hal sanksi bisa dikenakan bagi asn yang terlibat dalam tim pemenangan dengan sanksi hukuman pidana 3 tahun, dan bagi asn dalam stuktur pemerintahan, pejabat kepala daerah baik gubernur, walikota baik struktur birokrasi lurah camat, dilarang mengambil keputusan dan kebijakan yang dapat menguntungkan  salah satu peserta pemilu, dan jika itu dilanggar maka ada konsekwensi pidana sesuai dengan undang undang pemilu, dan juga bawaslu akan teruskan kepada komisi asn atas kemungkinan sanksi  dalam kaitan uandang undang asn dan PP 53 tahun 2010 tentang disiplin kepegawain, sehingga dapat berlaku sanksi akumulatip bagi asn yang tidak netral”.

Leave A Response »