Bagaimanakah Kebijakan Ekonomi di Era Covid – 19?

elmitra 95 FM September 22, 2020 0
Bagaimanakah Kebijakan Ekonomi di Era Covid – 19?

Radio Elmitra News – Dalam rangka wisata kuliner Sekolah Tinggi Hukum Pasundan Sukabumi mengadakan workshop dengan pembahasan “Kebijakan Ekonomi di Era Covid 19” dan Talkshow yang bertemakan “Hadapi Covid 19 Koperasi dan UMKM Bangkit” bertempat Aula Kampus STH Pasundan Sukabumi, Sabtu (18/9/2020).

Acara yang dihadiri oleh Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi, Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Prof. Rully Indrawan, Ketua STH Pasundan DR. Abah Ruskawan, Para UMKM , ABCGM sebagai narasumber pada acara talkshow dan tamu undangan lainnya

Abah Ruskawan Ketua STH Pasundan Sukabumi

Ketua STH Pasundan Sukabumi, DR. Abah Ruskawan dalam sambutannya menyampaikan terdapat banyak UMKM diwilayah Kota maupun Kabupaten Sukabumi dan beliau pun menyampaikan bahwa PNM menyediakan modal untuk pelaku usaha UMKM yang tidak memiliki dana

“Abah Ruskawan pun menjelaskan, bahwa STH Pasundan Jadi Rumah Hukum bagi para UMKM, dan Para PKL . dan mengajak kepada para wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi untuk berwisata kuliner orang sunda hanya di STH Pasundan dan paguyuban pasundan mempunyai sertifikat halal, haki, dan lapangan.

Walikota Sukabumi Ahcmad Fahmi

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan untuk terus melakukan pergerakan ekonomi sebagai wujud atau bentuk recovery ekonomi secara nasional

“Bukan hanya aspek ekonomi, aspek sosial kemasyarakatan termasuk juga pendidikan, keagamaan juga terdampak, itulah sebabnya kalau kita menyimak instruksi langsung pak presiden kepada para Gubernur, kepada para bupati, kepada walikota, seluruh anggaran lakukan Realokasi, refokusi agar yang tidak berdampak langsung kepada penanganan covid lakukan refokusi termasuk juga di wilayah Kota sukabumi,”

Achmad Fahmi pun menjelaskan terkait recovery ekonomi yang dilakukan pemerintah Kota Sukabumi terdapat tiga program yang pertama simpul space UMKM, UMKM konteks, dan yang terakhir Sukabumi tumbuh bersama.

“Sukabumi Tumbuh Bersama”tujuannya untuk menyemangati UMKM bahwa UMKM yang sempat berada diposisi terpuruk mulai tumbuh bersama dengan dukungan penuh dari pemerintah Kota Sukabumi dan tiga program ini adalah rangkaian besardari recovery UMKM yang dilakukan di wilayah Kota Sukabumi.

Sekretaris Kementrian Koperasi dan UMKM “Prof. Rully Indrawan

Prof. Rully Indrawan sebagai Sekretaris Kementerian Koperasi dan UMKM  menyampaikan bahwa di tengah pandemi covid 19 saat ini usaha-usaha kecil maupun usaha besar menjadi terpuruk dan banyak karyawan yang di PHK.

Prof. Rully Indrawan menambahkan bahwa program bantuan bagi pelaku usaha di prioritaskan untuk pelaku usaha yang benar- benar membutuhkan. Terkait pengajuannya cukup sederhana dan mudah seperti nomor KTP, Nomor HP dan Keterangan untuk pelaku usaha dan jumlah keseluruhan secara nasional data pemohon yang masuk di Kementrian Koperasi dan UKM RI hampir 20 juta pengajuan pelaku usaha, namun hanya sebagian yang sudah diverifikasi.

Sementara itu, pengajuan pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi sebanyak 60 ribu dan Kota Sukabumi sebanyak 10 ribu pengajuan. Adapun jumlah data penerima manfaat masuk melalui tahapan verifikasi dan validasi data dalam proses. Setelah selesai baru akan di umumkan siapa yang layak menerima bantuan bagi mereka yang belum mendapatkan bantuan apapun. Jelasnya.

Reporter : Nandre

Leave A Response »