ATASI STUNTING, BAPPEDA KABUPATEN SUKABUMI SUSUN DOCUMENT RAD

elmitra 95 FM November 1, 2018 0
ATASI STUNTING, BAPPEDA KABUPATEN SUKABUMI SUSUN DOCUMENT RAD

Dalam rangka penyusunan document Rencana Aksi Daerah (RAD), BAPPEDA Kabupaten Sukabumi menggelar Workshop Optimalisasi Pencegahaan dan Penanganan Stunting di Kabupaten Sukabumi Tahun 2018.  Bertempat di Hotel Selabintana Sukabumi, 01-02 November 2018.

WhatsApp Image 2018-11-01 at 18.03.00

Hadir sekaligus membuka acara Asda 1 Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit, serta diikuti oleh Kepala Bidang Pemerintahan BAPPEDA Kabupaten Sukabumi Yudi Indriawan, Dinas Terkait, media dan tamu undangan lainnya. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyampain materi oleh beberapa narasumber diantaranya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Hj. Ela Karmila, Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan, dan narasumber lainnya.

Asda 1 Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit menyampaikan “Stunting ini tidak hanya terjadi di Sukabumi saja, namun secara nasional yang terdapat di beberapa daerah lain. menyikapi kondisi tersebut tentu saja pemerintah harus mengambil langkah – langkah yang terukur, terprogram dan terencana dengan target tertentu. Saat ini yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proyek perubahan peserta dikpim 3 sudah menetapkan peratutan Bupati tentang RAD untuk melakukan intervensi terhadap Stunting di Kabupaten Sukabumi”.

Selanjutnya, Asep Abdul Wasit mengatakan “yang paling penting penanganan stunting ini adalah harus membiasakan  hidup bersih dan sehat, karena dalam perilaku PHB tersebut akan terkontrol masalah Gizi, Pisik, polas asuh, dll. Di RAD akan di formulasikan intervensi dari semua pemangku kepentingan baik government, freevat sector maupun civil society terintegrasi”.

2

Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan “Kabupaten Sukabumi masih di intervensi oleh pemerintah pusat terkait stunting, yang ada di 4 kecamatan 10 desa. Pemerintah pusat saat ini sedang menggulirkan program Padat Karya Tunai Desa merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. dengan adanya program tersebut diharapkan, Stunting di Kabupaten Sukabumi bisa menurun”.

Sementara itu, Kasubid Sosial, Kesehatan & Kependudukan Bappeda Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman menyampaikan “maksud dialaksanakan kegiatan ini adalah untuk mensinergiskan program yang ada di masing-masing perangkat daerah terkait dengan stunting. selama ini, disetiap prangkat daerah ada kegiatan yang menyangkut stunting namun belum ada jaringan yang kerjasama, maka dari itu dalam acara ini semua perangkat daerah terkait dikumpulkan untuk menyusun RAD. kedepannya setelah tersusun document RAD dan pedoman umum, maka bersama-sama akan melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu desiminasi untuk kegiatan ini. Diharapkan setelah tersusun RAD ini, pada taghun 2019 masing-masing perangkat daerah bisa melaksanakan sesuai tupoksi masing-masing terkait stunting”.

Leave A Response »