ACT : “AYO BANGUN KEDAULATAN PANGAN BANGSA”

elmitra 95 FM Maret 22, 2021 0
ACT : “AYO BANGUN KEDAULATAN PANGAN BANGSA”

Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan talkshow di Radio Elmitra 95 FM dengan tema pembahasan “Ayo Bangun Kedaulatan Pangan Bangsa” dengan narasumber Kepala Cabang ACT Kota Sukabumi  Mega Afdhal Fathir, Senin (22/3/2021).

ACT berbadan hukum lembaga kemanusiaan berdiri sejak 21 April 2005, bermula pasca terjadinya tsunami sehingga relawan-relawan yang menjadi pendiri ACT membentuk sebuah lembaga agar kegiatan kemanusiaan lebih terakomodir dan membentuk masyarakat relawan Indonesia atau MRI untuk mewadahi para relawan-relawan yang membantu dalam hal kemanusiaan.

Mega Afdhal Fathir mengatakan terdapat 17 cabang ACT di Jawa Barat  dan terdapat program solidaritas kemanusiaan yang berhubungan dengan negara-negara yang mempunyai konflik kemanusiaan seperti Palestina, Suriah dan Rohingya.

“Jadi fokus kegiatan kita tidak hanya dalam hal emergency respon tapi kita juga sudah mulai menangani bencana-bencana kemiskinan apalagi sekarang temanya membangun kedaulatan pangan, karena dengan pangan ini mudah-mudahan Indonesia tetap berdiri kokoh dan jangan sampai warga Indonesia banyak  yang mati karena kelaparan” ujarnya.

Mega mengatakan tentunya pangan yang sifat emergency menjadi faktor pendorong gerakan pangan untuk kedaulatan bangsa dimana kondisi pandemi yang belum selesai dan banyak perusahaan yang memPHK karyawannya yang akhirnya mendorong ACT untuk membangun pangan untuk ketahanan negara dan Indonesia sendiri merupakan negara agraris dimana ketahanan pangan salah satu aspek dalam ketahanan negara.

“tujuan gerakan sedekah pangan ini sendiri agar Indonesia khususnya Sukabumi sendiri tidak ada lagi orang-orang yang kelaparan yang menyebabkan sering terjadinya tindak kriminal akibat kelaparan selain itu untuk membantu petani-petani agar aktivitas pertaniannya tetap berjalan lancar” ungkapnya.

Mega menambahkan sedekah pangan diberikan kepada semua elemen bangsa, tidak hanya diberikan kepada dhuafa tetapi disalurkan juga kesetiap kantor-kantor, mesjid, TNI, mitra-mitra lainnya. Sedekah pangan ini tidak hanya diberikan kepada orang miskin tetapi juga diberikan kepada orang-orang yang sedang berjuang seperti ustad-ustad dan para santri, dan melibatkan banyak elemen dalam gerakan sedekah pangan ini.

“Elemen yang kita libatkan banyak salah satunya media, kenapa media ini kita ajak karena media mempunyai peran penting untuk mensyiarkan, mempublikasikan, memperkenalkan disamping juga para pemerintahan, pelayanan-pelayan publik juga kita libatkan dalam gerakan ini. Karena dalam pendistribusian pun kita libatkan banyak orang juga mulai dari ojek online, kepala desa dan relawan-relawan yang lain,” tambahnya.

Mega berharap dengan adanya gerakan sedakah pangan ini masyarakat lebih peduli pada lingkungan sekitarnya yang membutuhkan dan ACT mengajak semua elemen untuk mensukseskan gerakan pangan dengan menjadi bagian dalam gerakan sedekah pangan baik menjadi relawan atau pun menjadi dermawan.

ACT memiliki platform digital yang bernama Pasar sedekah yang merupakan platform e-commerce yang diperuntukkan untuk donator para pelaku UMKM agar dapat berjualan dimana dari hasil penjualan tersebut pembeli atau pun penjual dapat menyisihkan sedekah serta yang membedakan pasar sedekah dengan ecommerce lainnyaya itu terdapat akad sedekah.

Mega menjelaskan bahwa ACT tidak sendiri dalam pengumpulan dana karena terdapat pengumpulan dana yang terdiri dari sumbangan, zakat, wakaf dan qurban dan dikelola untuk kegiatan kemanusiaan. Donatur dapat berdonasi melalui Indonesiadermawan.id, melalui rekening BNI Syariah 99 0000 841 dan datang langsung ke kantor ACT Kota Sukabumi di Jl. Taman Bahagia.

“ACT tidak hanya membantu dalam program bencana alam, tetapi terdapat juga program membangun pesantren, mendampingi orang-orang yang sakit terdapat juga program memberdayakan misalnya wakaf modal usaha mikro dan wakaf perusahaan” pungkasnya.

Naskah : Sri

Leave A Response »