8 Kecamatan Meriahkan Festival Seni Budaya Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu

elmitra 95 FM August 27, 2017 0
8 Kecamatan Meriahkan Festival Seni Budaya Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu

Pemerintahan Kabupaten Sukabumi menggelar Festival seni budaya Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu, Minggu (27/08/2017) Bertempat di halaman parkir Gor Venue Tinju Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi .

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar , Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat HJ.Ida Hernida, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman, Camat Palabuhanratu, Kapolres Sukabumi, Unsur TNI, serta  ini diikuti oleh sanggar seni yang berada di 8 (delapan) Kecamatan Wilayah Kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu dan tamu undangan lainya.

DSC_1957

Festival seni budaya Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu merupakan pengembangan nilai seni budaya lokal dengan tujuan memotivasi masyarakat dan kalangan generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan nilai nilai seni dan budaya local.

Dalam sambutannya Wabup Adjo Sardjono mengajak untuk hadir mengsukseskan kegiatan melalui pentas seni budaya dengan berbagai pagelaran seni budaya yang di tampilkan selama acara berlangsung

selanjutnya Wabup menambahkan “untuk mewujudkan kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP) menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) tidak hanya sebatas penanganan keragaman geologi (Geodiversity) dan keragaman hayati (Biodiversity) akan tetapi harus juga ditangai keragaman budaya (Culturediversity)” ungkap wabup.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur jabar Deddy Mizwar menyampaikan bahwa Sampai dengan tahun 2016 Jawa Barat menjadi provinsi yang menerima kunjungan wisatawan nusantara terbanyak yaitu mencapai 45 juta orang sementara untuk wisatawan Asing mencapai dua juta orang, hal ini menjadi motivasi jawabarat untuk terus mendorong Geopark Nasioanl Ciletuh Palabuanratu dan objek wisata di 27 kabupaten kota untuk terus di kembangkan.

“Dalam rangka mewujudkan Jawa Barat sebagai Pusat Budaya dan Destinasi Wisata Berkelas Dunia maka pengembangan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu akan fokus pada aspek Digitalisasi, Homestay, dan Connectivity. dan akan diterapkan pada objek-objek pariwisata yang ada di 27 Kabupaten/Kota, baik berupa Wisata Alam (Nature), Wisata Budaya (Culture) atapun Wisata Buatan Manusia (Man Made)” terang Wagub.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Hj. Ida Hernida selaku ketua penyelenggaraan melaporkan kegiatan yang dilaksanakan adalah pagelaran seni budaya,heleran budaya,pertunjukan kesenian khas ciletuh,pameran kuliner lokal,pameran kerajinan tangan masyarakat lokal dan wayang golek.

Leave A Response »