50.000 Santri di Kabupaten Sukabumi Tumpah di Stadion Korpri Cisaat

elmitra 95 FM October 23, 2017 0
50.000 Santri di Kabupaten Sukabumi Tumpah di Stadion Korpri Cisaat

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 3 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2017 dengan tema “Santri Mandiri, NKRI Hebat”. Senin, 23 Oktober 2017 bertempat di Stadion Olahraga Korpri Cisaat.

6

Hadir pada kesempatan tersebut  Wakil  Bupati Sukabumi sekaligus Inspektur upacara H. Adjo Sardjono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi M. Jaenudin, ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi H. Yusup Ridwan, Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi H. Hilmy Riva’i, Kepala Bagian Sosial dan Keagamaan H. Unang Sudarma, Camat se Kabupaten Sukabumi, Ketua MUI, Ketua PC NU Kabupaten Sukabumi,  unsur Ulama se Kabupaten Sukabumi dan diikuti kurang lebih 50.000 santri pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono  mengatakan “Hari Santri Nasional merupakan peristiwa yang istimewa dan penting  bagi para santri, karena dengan ditetapkannya Keputusan Presiden RI No 22 Tahun 2015 Tentang hari Santri merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Sejarah telah mencatat para santri telah mewakafkan hidupnya untuk untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia. Dan juga momentum hari santri perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguat paham kebangsaan yang bersintetis dengan keagamaan, sehingga sprit “Nasionalisme Bagian Dari Iman” (Hubbul Wathon Minal Iman) perlu terus digelorakan ditengah arus ideologi yang mempertentangkan agama dan negara.

5

Kepala Kemenag Kabupaten Sukabumi H. Hilmy Riva’i “Hari Santri ini bentuk penghargaan yang sangat luar biasa dari Presiden, dikarenakan Negara dan bangsa ini dibangun secara struktural oleh para tokoh santri & Kiyai maka pantas jika pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN. Apresiasi kementrian agama dengan acara ini menjadi titik awal Negara dan bangsa harus dibangun bersama-sama oleh seluruh komponen, tetapi santri harus yang paling depan”.

Selain itu H. Hilmy Riva’I menambahkan beberapa hal yang sedang disiapkan oleh Kemenag Kabupaten Sukabumi terutama di ruang lingkup pendidikan yaitu PIP untuk para santri dan Kemenag akan bekerjasama dengan pemerintahan Provinsi Jawabarat serta pemerintah daerah untuk mengalokasikan pembangunan atau merenopasi Kobong-Kobong (Asrama Santri) ”.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi M. Jaenudin mengatakan “sebagai perwakilan dari PDIP mendukung penuh kegiatan HSN yang dilaksanakan oleh PCNU Kabupaten Sukabumi, dan nanti kedepannya akan memperjuangkan agar kebijakan APBD Sukabumi bisa membantu terhadap Pondok Pesantren dan Madrasah yang ada di Kabupaten Sukabumi”.

Sementara saat menghadiri HSN ke 3, ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi H. Yusup Ridwan mengatakan “atas nama DPC Kabupaten Sukabumi menyatakan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan, ini bukti bahwa islam itu jaya dan besar melalui acar HSN. DPC PPP Kabupaten Sukabumi melalui anggota fraksi selalu terus mengawal tentang anggaran yang bersipat keagamaan, dan sejak tahun 2004-2009 DPC PPP kabupaten Sukabumi pernah membuat agar sanitasi itu tidak hanya ada dilingkungan masyarakat saja tetapi ada juga di Pondok Pesantren”.

Leave A Response »