4.118 PTPS Resmi di Lantik Panwaslu Kabupaten Sukabumi

elmitra 95 FM June 5, 2018 0
4.118 PTPS Resmi di Lantik Panwaslu Kabupaten Sukabumi

Sebanyak 4.118 pengawas TPS di Kabupaten Sukabumi secara serentak dilantik oleh Panwaslu Kabupaten Sukabumi pada 03 Juni 2018. Pelantikan tersebut sesuai Peraturan BAWASLU Nomor 10 Tahun 2018 menegaskan bahwa Pengawas TPS dibentuk paling lama 23 (dua puluh tiga) hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah hari pemungutan suara. Berkenaan dengan hal itu sudah ditetapkan bahwa Pelaksanaan Pungut Hitung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 sehingga berdasarkan UU dan Perbawaslu tersebut paling lambat tangggal 3 Juni 2018 Pengawas TPS harus sudah dilantik.

2

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Agung Munajat mengatakan “PANWASLU Kabupaten Sukabumi mengintruksikan kepada seluruh PANWASCAM Se-Kabupaten Sukabumi pada tanggal 3 Juni 2018 serentak semuanya untuk melantik Pengawas TPS. pengawas TPS ini nantinya akan melaksanakan tugas dalam pemelihan Gubernur dan wakil Gubernur priode 2019-2024, diharapkankepada seluruh anggota Pengawas TPS yang telah dikukuhkan oleh Pengawascam masing-masing kecamatan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan menciptakan situasi yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sesuai harapan semua pihak”.

3

Agung Munajat menekankan “setiap pengawas TPS diwajibkan menggunakan Handphone (HP) berbasis Android, dikarenakan saat ini Bawaslu Republik Indonesia (RI) sudah meluncurkan pelaporan yang berbasis website dan aplikasi Android yang diberi nama Sislo Pilkada 2018. Sementara cara untuk mendapatkan aplikasi ini para pengawas TPS tinggal mengunduk Aplikasi Android langsung dari Google PlayStore dengan menggunakan kata kunci Bawaslu Pilkada 2018”.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Kabupaten Sukabumi Nuryamah menambahkan “fungsi dilantiknya para pengawas TPS ini adalah sebagai untuk membantu kinerja Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dalam melakukan tugasnya serta demi suksesnya Pemilihan Umum Gubernur Wakil Gubernur tahun ini. Untuk penempatan dari 4.118 pengawas TPS ini nantinya akan ditempatkan di masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Sukabumi”.

Leave A Response »