20 GURU ASAL KECAMATAN SUKARAJA DAN CISOLOK IKUTI PELATIHAN GURU MODUL SETARA PKBI SUKABUMI

elmitra 95 FM August 10, 2018 0
20 GURU ASAL KECAMATAN SUKARAJA DAN CISOLOK IKUTI PELATIHAN GURU MODUL SETARA PKBI SUKABUMI

Perkumpulan keluarga Berencanan Indonesia (PKBI) Sukabumi, melaksanakan pelatihan Guru Modul SETARA Program Yes I Do, dengan tema “Menuju Kabupaten Sukabumi Layak Anak”. Bertempat di Hotel Pondok Asri Selabintana Kabupaten Sukabumi 08 – 10 Agustus 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pembina PKBI Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan, Program Manager Yes I Do Sukabumi Deri Irawan, 20 (dua puluh) orang guru dari 4 sekolah di 2 kecamatan (Cisolok dan Sukaraja) diantaranya SMP N 1 Cisolok, SMP PGRI Cisolok, SMP N 2 Sukaraja, MTS Daarul Muatalimin.

5

Adapun tujuan acara tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang Pendidikan Seksualitas Komprehensif di Sekolah sebagai intervensi kunci untuk pencegahan resiko dan kerentanan seksual dan reproduksi remaja, meningkatkan pengetahuan dasar serta membangun nilai-nilai positif peserta terkait tema-tema pokok yang terkandung dalam modul SETARA, Memperkuat kemampuan teknis peserta dalam merencanakan dan memberikan Pembelajaran dari modul SETARA di tingkat sekolah dan merumuskan rencana tindak lanjut untuk pelaksanaan PSM melaului Modul SETARA di tingkat sekolah.

Pembina PKBI Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan “melihat kasus – kasus yang terjadi  kebanyakan terhadap anak berusia masih sekolah, maka dari itu guru harus bisa memberikan edukasi kepada anak dengan modul SETARA yang sudah di berikan oleh PKBI. Alas an guru harus memberikan edukasi dikarenakan guru lebih dekat terhadap anak – anak di sekolah”.

Selain itu, Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan “Dalam melindungi anak bukanlah tugas pemerintah saja, tetapi semua masyarakat harus ikut terlibat dikarenakan masyaraat pun bagian dari pemerintahan. Pemda Sukabumi sampai saat ini sedang mengupayakan terwujudnya KLA di setiap kecamatan, dengan terus melakukan berbagai sosialisasi oleh Dinas terkait, Kegiatan yang dilaksanakan oleh PKBI ini sangat membantu Pemeritah Daerah Sukabumi untuk manjikan Kabupaten Layak Anak”.

4

Sementara itu, Program Manager Yes I Do , Deri Irawan mengatakan “kegiatan pelatihan Guru Modul SETARA ini sudah di lakukan PKBI sebanyak 2 kali di Kabupaten Sukabumi untuk memastikan bahwa anak remaja usia 12 – 15 tahun mendapatkan pendidikan sexsualitas dan komprehensif yang benar benar bisa memberikan pemahaman baik itu pengetahuan, keterampilan dan mengambil sikap untuk menjaga tubuhnya serta memperjuangkan Hak nya”.

Selain itu, Deri Irawan menambahkan “pendidikan sexsualitas dan komprehensif ini dilaksanakan dikelas 7 dan 8 yang menjadi modeling saja, tidak semua kelas tersebut mendapatkan pendidikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP N 1 Cisolok, SMP PGRI Cisolok, SMP N 2 Sukaraja dan MTS Daarul Muatalimin. Rencana tindak lanjut dari pelatihan ini adalah setiap Guru yang dilatih menyampaikan kembali di kelas modeling sesuai dari modul SETARA”.

Deri Irawan menambahakan “Diharapkan untuk kedepannya para remaja ini bisa menjadi pendidik sebaya dan bisa kembali menjadi kepanjangan tangan program PKBI untuk menjangkau remaja – remaja yang beresiko terhadap 3 isu yang menjadi Project PKBI yaitu Perkawinan Anak, Kehamilan Remaja dan Praktek yang membahayakan reproduksi perempuan”.

 

Leave A Response »